Integrated Property Management System

Home / Integrated Property Management System

Integrated Property Management System (property software) adalah sebuah system yang bertujuan untuk melakukan pengelolaan atas suatu unit baik itu gedung perkantoran, pusat perbelanjaan (mall) maupun unit tempat tinggal (apartemen, housing, town house). Integrated Property Management System (property software) yang kami miliki adalah sistem yang terintegrasi mulai dari pencatatan atas tenant / penyewa yang masuk, penentuan tarif untuk penagihan sewa, service charge, pencatatan pemakaian utilitas (listrik, air, gas & Telephone) yang mana kemudian jenis-jenis tagihan tersebut akan didistribusikan kepada masing-masing tenant / penyewa dalam bentuk tagihan / faktur oleh bagian keuangan. Berdasarkan data-data tersebut secara otomatis pada bagian akuntansi akan menerima data-data tersebut dalam bentuk jurnal.

Integrated Property Management System (Property Software) terdiri dari 11 (sebelas) module yang saling berhubungan satu dengan lainnya. Module-module tersebut antara lain :

TENANT MANAGEMENT
Adalah module yang mengatur tentang seluruh informasi yang berkaitan tentang sewa menyewa unit, baik untuk kontrak sewa menyewa jangka panjang maupun jangka pendek. Pada sistem ini penyewaan dapat menggunakan mata uang lokal (Rupiah) maupun mata uang asing (USD, Yen, Ringgit, dll). Pada sistem ini pada saat kontrak dimasukkan, maka sistem akan secara otomatis melakukan generate atas schedule penagihan baik untuk Rental, Service Charges maupun Promotion Charges (khusus untuk mall). Module ini terintegrasi dengan modul Account Receivable (A/R) Management untuk penagihan sewa dan service charges dari masing-masing unit.

OWNER MANAGEMENT
Adalah module yang mengatur tentang seluruh informasi yang berkaitan tentang kepemilikan dari unit-unit yang dimiliki oleh pembeli (buyer). Selain itu, dalam modul ini juga terintegrasi dengan modul Tenant Management pada saat unit yang dimiliki oleh seorang buyer di sewakan kepada pihak lain. Pada sistem ini penyewaan dapat menggunakan mata uang lokal (IDR) maupun mata uang asing (USD). Pada sistem ini pada saat informasi dimasukkan, maka sistem akan secara otomatis melakukan generate atas schedule penagihan untuk Service Charges sepanjang periode. Module ini terintegrasi dengan modul Account Receivable (A/R) Management untuk penagihan Biaya Perawatan (Service Charges) dari masing-masing unit

CUSTOMER SERVICE MANAGEMENT
Adalah module yang menyimpan informasi mengenai keluhan-keluhan yang disampai kepada manajemen. Dengan adanya modul ini akan sangat membantu perusahaan agar dapat memberikan peningkatan atas pelayan yang diberikan oleh perusahaan kepada pelanggan, yang mana hal tersebut akan dapat meningkatkan kepuasan dari pelanggan dan meningkatkan loyalitas dari pelanggan. Selain itu, dengan terintegrasinya module ini dengan modul Account Receivable (A/R) Management sangat memudahkan pengguna untuk penagihan atas penggantian atas perbaikan dari masing-masing unit.

UTILITIES MANAGEMENT
Adalah module yang mengatur tentang seluruh informasi yang berkaitan tentang pemakaian utilitas (Listrik, Air & Gas) dari masing-masing unit. Berdasarkan pemakaian meter terakhir sistem akan secara otomatis melakukan perhitungan berapa jumlah tagihan pemakaian utilitas dari masing-masing unit yang ada. Selain itu, dengan terintegrasinya module ini dengan modul Account Receivable (A/R) Management sangat memudahkan pengguna untuk penagihan atas pemakaian utilitas dari masing-masing unit.

ACCOUNTS RECEIVABLE MANAGEMENT
Adalah module yang menampung semua informasi tentang penagihan kepada Tenant/Buyer/Owner dari masing-masing unit. Data-data yang ada dalam modul ini adalah data-data yang berasal dari modul-modul Tenant Management (TM), Owner Management (OM), Sales Management (SM) maupun Utility Management (MU). Module ini terintegrasi dengan modul Cash & Bank (CB) dan General Ledger Management untuk pencatatan jurnal sebagai dasar pembuatan laporan keuangan / Financial Statement.

PURCHASING MANAGEMENT
Adalah module yang menampung semua informasi tentang pembelian barang dari masing-masing supplier baik pembelian secara kredit maupun pembelian secara tunai. Module ini terintegrasi dengan modul A/P Management untuk pembayaran atas pembelian secara kredit dan Inventory Management untuk pencatatan penambahan stok barang di gudang.

INVENTORY MANAGEMENT
Adalah module yang menampung semua informasi tentang kondisi dari masing-masing barang yang ada di dalam gudang. Jumlah barang yang keluar dan jumlah barang yang masuk serta penyesuaian-penyesuaian barang yang ada di gudang. Module ini terintegrasi dengan Purchasing Management dan General Ledger Management untuk pencatatan jurnal sebagai dasar pembuatan laporan keuangan / Financial Statement.

ACCOUNTS PAYABLE MANAGEMENT
Adalah module yang menampung semua informasi tentang pembayaran hutang kepada masing-masing supplier/kreditor. Data-data yang ada dalam modul ini adalah data-data yang masuk ke dalam sistem ini berasal dari pembelian yang dilakukan pada modul Purchasing Management. Selain itu, Module ini juga terintegrasi dengan modul Cash & Bank (CB) Management dan General Ledger Management untuk pencatatan jurnal sebagai dasar pembuatan laporan keuangan / Financial Statement.

FIXED ASSETS MANAGEMENT
Adalah module yang mengatur seluruh Fixed Asset yang dimiliki oleh perusahaan. Dalam module ini terdapat informasi mulai dari penambahan, penyusutan hingga penjualan fixed asset. Module ini terintegrasi dengan General Ledger Management Management untuk pencatatan jurnal sebagai dasar pembuatan laporan keuangan / Financial Statement.

CASH & BANK MANAGEMENT
Adalah module yang mengatur seluruh teransaksi pengularan dan penerimaan baik dari bank maupun kas besar. Module ini terintegrasi dengan modul General Ledger Management untuk pencatatan jurnal sebagai dasar pembuatan laporan keuangan / Financial Statement.

GENERAL LEDGER MANAGEMENT
Adalah akhir dari proses integrasi data-data transaksi dari module yang terkait yang isinya telah terbentuk sebagai akunting jurnal. Selain itu di module ini juga memproses data tersebut hingga menjadi laporan keuangan / Financial Statement Accounts.